Mandi Sauna Kurangi Risiko Demensia pada Pria

Aktivitas mandi sauna rutin dapat melindungi laki-laki dari demensia. Penelitian baru dari University of Eastern Finlands ini menyurvei laki-laki yang mandi sauna selama 4-7 kali dalam satu pekan lebih dari 20 tahun.

Mereka 66 % berisiko rendah tertimpa demensia dibandingkan yang tak. Kuopio Ischaemic Hearts Disease Risk Factor Study melibatkan lebih dari 2 ribu responden laki-laki paruh baya yang tinggal dibagian timur Finlandia.

Peserta dibagi menjadi 3 kelompok, yakni mereka yang bersauna sekali dalam sepekan, 2-3 kali satu pekan, dan juga 4-7 kali sepekan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan semakin banyak atau sering seseorang melaksanakan sauna, semakin rendah risikonya tertimpa demensia. Dikutip dari Science Daily, Hari rabu (28/12), penemuan ini telah di publikasikan di Jurnal Age and Ageing.

Studi KIHD sebelumnya pun juga menunjukkan aktivitas mandi di sauna sering secara signifikan menurunkan resiko kematian jantung mendadak, dan kematian akibat arteri koroner, dan juga penyakit jantung yang lain. Profesor Jari Laukkanen menjadi peneliti penting berkata kesehatan jantung pun juga memengaruhi otak.

“Ini sebab kenyamanan dan juga relaksasi alami selama saat mandi uap ini memainkan kiprah,” ujar dia.