Manusia Sikat Gigi, Kenapa Anjing Tidak?

Jakarta Manusia dianjurkan untuk sikat gigi supaya tak cepat rusak. Tapi, mengapa anjing tak pernah disarankan untuk melaksanakan perbuatan yang sama?

Irene Grijalvo Tarres yang menjawab pertanyaan ini di website Quora. Berdasarkan dia, manusia telah mulai menyikat giginya semenjak 3.000 SM. Tapi, manusia belum memanfaatkan sikat dan juga pasta gigi. Contohnya saja di benua Afrika, orang-orang membersihkan giginya dengan memanfaatkan chewsticks (ranting pembersih gigi).

Sekarang, zaman telah modern dan juga membersihkan gigi semakin mudah. Bila Kamu tidak menyikat gigi dan juga makan normal, Kamu akan kehilangan gigi dalam 5-10 tahun.

“Adapun apa yang hewan lakukan, itu pun tergantung. Usia mereka (binatang) jauh lebih pendek dibandingkan manusia…” tulisnya.

Dia mencontohkan kucing dan juga anjing. Hewan pemakan daging biasanya mempunyai masalah serius dengan kebersihan pada giginya. Selain itu, beberapa anjing dapat hidup hingga 15 tahun.

Hewan lain, seperti marsupial dan juga binatang pengerat, bertentangan lagi. Hamster dan juga wombat, contohnya, mempunyai gigi yang terus tumbuh. Mereka pun menggunakannya untuk mengunyah dari hal-hal yang keras, hingga lepas. Bertentangan dengan Koala. Saat gigi lepas, mereka mati kelaparan.