What The Most

Masyarakat Diminta Aktif Cegah Penyebaran Berita Hoax

JAKARTA – Banyaknya berita hoax yang meluas seiring dengan di adakannya Pemilihan Presiden tahun 2014 dan juga Pilgub DKI Jakarta 2017, rakyat diimbau untuk berperan aktif untuk pemberantasannya. Hal itu di lakukan supaya mata rantai berita hoax bisa segera terhenti.

Walau sudah ada tubuh khusus di Kementerian Komunikasi dan juga Informatika (Kemkominfo)yang melaksanakan pemblokiran terhadap website bermuatan sara dan juga ujaran kebencian, tapi rakyat mempunyai kiprah lebih besar.

Berdasarkan Irvan Nasrun, Desk Ketahanan dan juga Keamanan Cyber Nasional Kemenko Polhukam, berkata bahwa hal itu sebab penyebaran berita hoax yang telah terjadi di tengah rakyat hingga kiprah aktif rakyat dalam menghentikan berita hoax jadi lebih besar.

“Malah kiprah yang terbesar itu di masyarskat sendiri sebab berita cepat meluas di tengah-tengah rakyat. Jika ada berita janganlah langsung ditelan mentah-mentah,” jelas Irvan ketika berbincang dengan Okezone, Jumat (10/2/2017).

Menurutnya kepedulian rakyat terhadap pemberantasan berita hoax cukup diperlukan dengan melaporkannya pada lembaga pencegahan yaitu Kemenkominfo.

“Yang terpenting kepedulian rakyat. Misalkan ketika menemukan website hoax dapat minta untuk diblokir. Rakyat pun juga di harapkan dengan dewasa dapat memilah-milah sumber berita,” jelas Irvan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll To Top